iR 5000 Muncul Tulisan You Must Insert a Control Card

Setelah men-servis, entah kenapa setelah mesin dihidupkan keluar tulisan "You Must Insert a Control Card". Wah bagaimana nih? Perasaan tidak ngapa-ngapain.

Padahal nyervis hanya sewajarnya saja, tidak neko-neko. Dan di dalam mesin tidak ada control card yang harus dipakai pada saat ingin menggunakan mesin fotokopi.


Hal ini bisa saja terjadi, karena si tukang servis tanpa sadar telah melepas tutup samping kanan sebelah atas yang ada kabel-kabelnya.

Nah, bagi Anda yang mengalami problem seperti ini, jangan khawatir dan don't worry. Ada langkah spesial yang harus dijalankan untuk memperbaikinya.


Cukup tinggal klepaskan saja penutup samping atas sebelah kanan yang berwana biru, persegi panjang. Lepas 3 mur, lalu dua atau tiga mur lagi. Coba kembali cek apakah ada kabel jumper yang terlepas.

Seharusnya memang ada. Toh kalau memang tidak ada, maka jumper saja kaki nomor satu dan 3 pada saat posisi mesin dalam keadaan OFF.

Setelah itu, kembali nyalakan mesin, maka akan hilanglah notifikasi "You Must Insert a Control Card" tadi.

Biasa terjadi pada mesin fotokopi merk canon untuk tipe iR 5000, iR 6000, iR 6075 dan sebangsanya, yang berspeed tinggi antara 50 dan 75.

Selamat mencoba dan memperbaiki ya..
Share:

2 komentar:

  1. bagaimana cara nge jamper kaki no 1 dan 3.. mohon penjelasannya. terima kasih

    BalasHapus

Mohon Komentar Sopan ya
Jangan Spam, link aktif akan dihapus
Maaf, cuma membantu saja SEBISANYA
MAKASIH